-->
Posted by : Unknown Thursday 4 September 2014

    

     Anda mungkin memiliki sebuah website untuk sejumlah alasan. Jika anda ingin menjual produk, maka anda membutuhkan sebuah website untuk mendisplay produk anda dan memungkinkan orang untuk menghubungi atau membeli produk anda. Jika anda seorang profesional, maka anda membutuhkan sebuah website untuk menunjukkan siapa anda, profesi anda dan apa yang dapat anda lakukan, sehingga orang dapat menghubungi dan menggunakan jasa anda.
Tujuan dari membuat website adalah segala hal tentang mempromosikan diri anda, baik itu merek, produk atau nama pribadi anda. Tidak akan ada yang pernah tahu tentang merek anda kecuali anda menempatkannya diluar sana, dan jika profesi anda sebagai seorang desainer, developer, penulis, fotografer atau berbagai macam jenis lainnya yang kreatif, maka penting bahwa anda memiliki sebuah website portofolio yang baik. Lantas bagaimana cara membuat sebuah website yang baik?




1. Logo
momendix
Logo adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna online. Di dunia barat, kita membaca dari kiri ke kanan, atas ke bawah, sehingga masuk akal untuk menempatkan logo anda di kiri atas atau di tengah atas website anda sehingga pengguna bisa segera mengidentifikasi siapa yang memiliki website. Logo anda merupakan indikasi pertama dari “gaya pribadi” anda kepada orang-orang mengunjungi situs anda. Mencerminkan jenis pekerjaan yang anda lakukan dalam logo anda akan membantu menciptakan sebuah brand yang lebih konsisten di website anda. Ini adalah bagian dari portofolio anda sehingga tampak unik dan mudah untuk diingat.
Logo tidak selalu harus menyertakan nama brand anda, tetapi juga tidak ada salahnya memiliki nama brand di suatu tempat di dekat logo atau dalam tagline anda. Dan juga penting untuk selalu menghubungkan logo ke halaman home website anda, karena hal ini umumnya diharapkan dari semua pengguna online saat ini dan untuk memudahkan navigasi.



2. Tagline
momendix
Setelah pengguna melihat website anda, mereka akan ingin tahu apa yang anda lakukan. Ini adalah dimana anda menjelaskan apa yang anda lakukan dengan tagline. Tagline anda harus pendek dan tajam, meringkas apa yang anda lakukan. Tagline anda adalah deskripsi dari siapa anda, apa yang anda lakukan dan yang paling penting, customer anda akan menerima layanan seperti yang tertulis dalam kalimat pendek atau slogan anda. Kadangkala menulis tagline yang mengesankan bisa saja sulit, terutama jika anda masih mencoba untuk mencari tahu merek anda secara keseluruhan.
Tagline anda harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan tepat pada sasaran. Ingatlah bahwa anda menjual manfaat dari apa yang anda tawarkan, bukan fitur! Customer yang melihat portofolio tidak punya waktu untuk menguraikan jargon atau kata-kata yang besar. Tagline yang paling efektif adalah ketika audiens anda dapat memahaminya dengan segera dan cukup ditulis alam satu kalimat.



3. Portfolio
momendix
Portofolio akan menentukan apakah website anda menarik atau tidak. Pengunjung website anda ingin melihat pekerjaan atau project anda sebelumnya, untuk memutuskan apakah anda cukup baik atau tidak dengan apa yang telah anda selesaikan hingga saat ini. Website anda harus memiliki portofolio bergambar yang jelas, berkualitas dan mudah diakses oleh pengunjung website anda. Selalu sertakan link ke situs website dari setiap project yang telah anda kerjakan, atau link screenshot anda ke versi live. Sertakan penjelasan singkat untuk setiap project, termasuk keterampilan berbeda yang anda butuhkan untuk menyelesaikan project tersebut.
Akan lebih baik lagi apabila anda dapat menampilkan testimonial dari customer anda, karena pengunjung anda juga mungkin tertarik untuk melihat hasil akhir dari project yang telah anda kerjakan.



4. Service
momendix
Tagline akan menyimpulkan apa yang anda lakukan, tetapi disini anda perlu untuk membuatnya lebih detail dan memberikan penjelasan sedikit lebih lanjut tentang apa yang anda tawarkan. Anda tidak dapat mengharapkan orang untuk menebak-nebak apa yang anda lakukan berdasarkan pada portofolio anda, dan anda tidak ingin membuat mereka bertanya-tanya apakah anda menawarkan layanan tertentu atau tidak. Berikan keterangan yang jelas dan tulis secara detail tentang apa yang anda tawarkan, apakah itu produk, desain web, video editing, copywriting, branding dan sebagainya.



5. About
momendix
Disini adalah tempat untuk menceritakan semua tentang anda, mulai dari latar belakang anda, dari mana anda berasal, berapa tahun anda sudah berkecimpung dalam bisnis ini dan sebagainya. Semakin jelas infromasi yang anda berikan, maka semakin baik pula pengunjung website dapat membentuk ikatan dan membangun kepercayaan dengan anda. Jangan takut untuk memperlihatkan prestasi dan penghargaan anda disini, anda perlu menunjukkan bahwa anda kompeten pada apa yang anda lakukan.



6. Contact
momendix
Ini adalah salah satu aspek yang paling penting dari sebuah website, tetapi seringkali banyak orang membuatnya tampak tersembunyi atau bahkan diabaikan. Apabila seorang potensial customer telah melihat website anda, terkesan dengan portofolio anda dan telah mengenal siapa anda. Berikutnya yang paling penting adalah bagaimana mereka dapat menghubungi anda.
Informasi kontak anda harus jelas dan mudah untuk diakses, jangan menyembunyikannya di footer. Biarkan orang tahu bahwa mereka dapat menghubungi anda untuk meminta penawaran atau chatting. Gunakan formulir atau contact form untuk memudahkan orang dalam menghubungi anda (sehingga mereka tidak perlu repot-repot mencatat atau mengingat alamat email anda). Dengan formulir atau contact form maka akan memungkinkan bagi anda untuk meminta informasi spesifik, seperti nama, alamat email, nomor telepon dan sebagainya.



7. Blog
momendix
Menulis artikel dalam sebuah blog selalu merupakan ide yang bagus. Tulislah blog tentang bidang keahlian anda, hal itu akan menunjukkan bahwa anda tahu apa yang anda bicarakan. Hal ini akan membantu mempromosikan diri anda dan mencegah website anda berada dalam kondisi statis atau tidak ter-update.
Dan juga selalu pastikan untuk mengaktifkan komentar umpan balik. Jangan membuat pengguna harus mendaftar terlebih dahulu hanya untuk menulis komentar di blog anda dan jangan menggunakan software anti-spam Captcha, karena hal ini hanya akan membuat orang malas untuk menulis komentar. Ada banyak plugin anti-spam tersedia yang tidak memerlukan pengguna untuk melakukan pekerjaan tambahan dalam menulis komentar.



8. Call to Action

Tanyakan kepada diri anda, apa yang paling anda inginkan dari website anda. Apakah anda ingin mendapatkan banyak order? Ingin menarik lebih banyak pembaca datang ke blog anda? Atau mungkin anda hanya ingin orang tahu dan mengenal siapa anda? Dalam setiap halaman website anda harus memiliki bagian Call to Action, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberi tombol untuk Action yang dapat terlihat jelas dan menonjol di setiap halaman. Atau bisa juga dengan memberi link yang terhubung ke halaman portofolio atau halaman kontak anda.



9. Use Social Networking Websites

Setelah membaca banyak bagian dalam website anda, kini mereka yang telah berminat kepada produk, jasa atau penawaran anda, akan mendorong mereka untuk mengikuti anda melalui situs-situs jejaring sosial yang lain. Anda dapat memberi penjelasan pada mereka, bahwa mereka dapat mengikuti anda di Twitter, Facebook, Flickr, LinkedIn, dan sebagainya. Manfaatkan situs jaringan sosial ini, karena kelak akan menjadi salah satu aset utama anda dalam mengelola bisnis online.



10. Language and Communication

Bagian yang terakhir adalah komunikasi. Anda perlu membangun komunikasi dengan setiap pengunjung website anda, karena suatu saat mereka dapat menjadi calon potensial customer anda. Jadilah ramah dan bersahabat, tetapi juga jelas dan tepat, jangan bertele-tele.



Sekian dari Postingan saya kali ini, postingan ini saya persembahkan untuk kampus tercinta STMIK AKAKOM , saya ucapkan selamat membaca 


Contact Person : 0822-5595-9473    Email : rizkyvg@gmail.com
                                                  FB      : http://facebook.com/rizkyspecialist
                                                     Twitter : @RhizkySSAT
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Information And Technology - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -